Tuesday 17 August 2010

PROPOSAL 1 FINALIS IMEC ITS 2009

ABSTRAKSI

Luluk Lugiati Sholikhah, Aini Fatin, Kusuma Dewi. Pemanfaatan Serat Batang Pisang Untuk Oven Hemat Energi. Dalam rangka IMEC (Innovative Materials Engineering Competition ) 2009 yang diselenggarakan oleh Fakultas teknologi industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Indonesia adalah negara yang sangat melimpah kekayaan sumber daya alamnya, terutama yang berkaitan dengan serat alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri dan teknologi tepat guna. Serat alam dapat di hasilkan dari pohon pisang yang diambil kulit batangnya. Masyarakat pedesaan mempunyai budaya untuk membuat jajanan atau kue-kue pada saat mempunyai hajatan (pernikahan, khitanan, akiqah, dan syukuran yang lain). Salah satu alat yang dominan dipkai adalah oven. Bahan oven biasanya terbuat dari lembaran (plat) logam, ada yang berbahan dasar aluminium atau seng (besi). Tujuan utama penggunaan bahan ini adalah agar perpindahan panas lebih cepat dan merata. Namun ada kelemahan dari bahan tersebut yaitu suhu pada bagian dinding oven ini mudah berpindah ke udara sekitar, hal ini bisa dirasakan dari panasnya sekitar oven dan lamanya proses pengovenan. Dengan adanya kelemahan di atas kami mencoba membuat desain alat oven yang bisa mengisolasi suhu dari kompor sehingga lebih efektif dan efisien dalam arti menjadi oven yang hemat energi. Oven hemat energi merupakan modifikasi dari oven yang sudah ada. Dalam proposal desain produk ini kami sekelompok sengaja memilih oven yang pemanasny dri kompor gas/ atau juga kompor minyak tanah. Hal ini kami lakukan mengingat oven jenis ini yang paling banyak dipunyai oleh ibu-ibu di daerah pedesaan. Agar panas dari kompor yang terinduksi ke dinding oven dan panas yang terkonveksi di dalam ruangan oven dapat diisolasi maka kelompok kami membuat desain oven yang diberi lapisan serat dari batang pisang. Hal ini didasarkan pada dasar teori yang ada bahwa serat dari berbagai tanaman dapat menghambat aliran suhu, karena pada dasarnya serat alam itu bersifat isolator terhadap suhu.


PEMANFAATAN SERAT BATANG PISANG

UNTUK

OVEN HEMAT ENERGI

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Serat alam merupakan bahan baku yang melimpah di bumi pertiwi ini. Mungkin karena melimpahnya dan ketidakmampuan masyarakat untuk memanfaatkannya sehingga banyak bahan serat alam yang tidak berguna dan berserakan di sekitar rumah terutama di daerah pedesaan. Jika mendengar atau melihat tentang serat alam kebanyakan dari kita melihatnya sebagai bahan yang sepele atau menganggapnya sebagai sampah. Tapi ternyata dalam bidang teknologi material, bahan-bahan serat alam merupakan kandidat sebagai bahan penguat untuk dapat menghasilkan bahan komposit yang ringan, kuat, ramah lingkungan serta ekonomis.

Alam telah banyak menyediakan kebutuhan manusia mulai dari makanan sampai bahan bangunan. Salah satunya adalah bahan-bahan serat alam. Serat alam dapat di hasilkan dari pohon pisang yang diambil kulit batangnya menjadi serat. Pohon pisang memiliki kemampuan hidup (life survival) yang sangat besar. Setelah menghasilkan buah, barulah pohon pisang tersebut siap untuk mati. Dan sebelum mati dia akan menumbuhkan tunas-tunas baru sebagai penerusnya. Sehingga pohon pisang dapat tumbuh subur di mana-mana

Masyarakat pedesaan mempunyai budaya untuk membuat jajanan atau kue-kue pada saat mempunyai hajatan (pernikahan, khitanan, akiqah, dan syukuran yang lain). Salah satu alat yang dominan dipkai adalah oven. Oven yang digunakan bukan bertenaga listrik tetapi masih menggunakan oven yang sumber panasnya menggunakan kompor minyak tanah atau juga gas elpiji. Bahan oven biasanya terbuat dari lembaran (plat) logam, ada yang berbahan dasar aluminium atau seng (besi). Tujuan utama penggunaan bahan ini adalah agar perpindahan panas lebih cepat dan merata. Namun ada kelemahan dari bahan tersebut yaitu suhu pada bagian dinding oven ini mudah berpindah ke udara sekitar, hal ini bisa dirasakan dari panasnya sekitar oven dan lamanya proses pengovenan. Dengan adanya kelemahan di atas kami mencoba membuat desai alat peng-oven yang bisa mengisolasi suhu dari kompor sehingga lebih efektif dan efisien.

2. Rumusan masalah

a. Apakah Oven ini mampu menghemat bahan bakar ?

b. Apa kelebihan dari oven tersebut ?

c. Apa bahan yang digunakan untuk membuat Oven hemat BBM ?

3. Tujuan dan manfaat

a. Menghemat bahan bakar miyak

b. Mengurangi pancaran panas yang dikeluarkan oleh oven atau pemanggang roti ke udara sekitar

c. Memanfaatkan serat alam yang melimpah di pedesaan agar lebih berguna

d. Mengoptimalkan proses pengovenan roti atau makanan lainnya


KEISTIMEWAAN ALAT

1) Oven roti ini mampu mengoptimalkan proses pengovenan karena dilapisi oleh kulit batang pohon pisang yang mampu menahan panas yang akan keluar ke udara sekitar.

2) Dapat menghemat energi baik untuk oven yang menggunakan bahan bakar minyak, listrik atau yang lainnya karena kalor yang akan lepas keluar diisolsi oleh lapisan serat batang pisang

3) Dapat mempersingkat waktu pada saat proses pengovenan.

4) Memperoleh hasil yang memuaskan karena penyebaran panas dalam oven bisa merata.

5) Oven tersebut akan lebih tahan lama dan lebih awet.

PENUTUP

Indonesia terutama di daerah pedesaan memang sangat melimpah kekayaan sumber daya alam, terutama yang berkaitan dengan serat alam yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Serat batang pisang ternyata juga mempunyai sifat yang isolatif terhadap suhu disekitarnya. Dari sifat inilah muncul gagasan untuk membuat oven yang hemat energi, dimana panas yang bersumber dari kompor maupun listrik yang terinduksi dan terkonveksi ke dalam ruangan oven akan diisolasi oleh lapisan luar oven yang terbuat dari serat batang pisang yang sudah dikeringkan. Tentu saja tebal dan tipis lapisan serat batang pisang berpengaruh terhadap kemampuan untuk mengisolasi suhu. Untuk itu dalam penelitian-penelitian lebih lanjut perlu dicari ketebalan yang paling optimal dalam mengisolasi suhu pada oven.


No comments:

Post a Comment