Saturday 21 August 2010

1.3 Tujuan Penelitian


-->
Tujuan penelitian menjelaskan jawaban atas pertanyaan atau masalah-masalah pokok yang diajukan dalam rumusan masalah. Dalam tujuan penelitian ini peneliti harus mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian. Isi dan rumusan tujuan penelitian mengacu pada isi dari rumusan masalah. Perbedaan antara rumusan masalah dengan tujuan penelitian adalah kalau pada rumusan masalah berbentuk kalimat pertanyaan, sedangkan pada tujuan penelitian berbentuk kalimat pernyataan.
Contoh Tujuan penelitian 1:
1.2 Rumusan Masalah (Juara I, LKIR 2004, ITB)
Sebenarnya cukup banyak pemanfaatan musik klasik dengan frekwensi yang dihasilkan, namun akan kami kemukakan satu permasalahan yang sesuai dengan fenomena di atas:
1. Apakah music klasik dapat dijadikan sebagai sarana pra penangkapan ikan ?
1.4 Tujuan Penelitian
1. Untuk menegtahui music klasik dapat dijadikan sebagai sarana pra penangkapan ikan
Contoh Tujuan penelitian 2:
Juara 3 LKIR se Jawa Timur-Bali di UNIBRAW Maret 2007 dengan judul “Peran Lumbung Pangan Dalam Mengatasi Krisis Pangan Di Kabupaten Lamongan Study Kasus Desa Ngayung Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan”
1.1 Rumusan Masalah
1. Apa upaya yang dilakukan oleh lumbung pangan dalam strategi memenuhi kebutuhan masyarakatnya?
2. Apakah dengan adanya lumbung pangan dapat mensejahterakan masyarakat?
1.2 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh lumbung pangan dalam strategi pembangunan masyarakat Desa Ngayung.
2. Untuk mengetahui manfaat dibentuknya lumbung pangan terhadap perekonomian masyarakat Desa Ngayung
Tujuan penelitian di dalam bab pendahuluan tidak sama dengan tujuan penelitian yang ada pada halaman sampul. Tujuan penelitian pada bab pendahuluan merupakan keinginan-keinginan peneliti atas hasil penelitiannya, dengan menyampaikan indikator-indikator apa yang hendak di temukan. Sedangkan tujuan penelitian yang ada dalam sampul, merupakan alasan mengapa penelitian ini dilakukan (biasanya berisi tujuan formal), untuk apa karya tulis itu dibuat.

2 comments: