Jumat, 20 Agustus 2010

1.2 Rumusan Masalah


-->
Setiap melakukan penelitian harus mempunyai masalah yang menjadi tujuan dalam penelitian untuk dipecahkan. Masalah inilah yang kemudian disebut dengan Rumusan Masalah. Masalah penelitian timbul karena adanya tantangan, adanya kesangsian, adanya halangan, hambatan atau rintangan, adanya celah antarkegiatan atau antarfenomena. Dengan adanya penelitian diharapkan dapat memecahkan masalah-masalah yang muncul, atau sedikitnya dapat menutup celah yang terjadi. Oleh karena itu, peneliti harus dapat memilih satu masalah bagi penelitiannya, dan merumuskannya untuk memperoleh jawaban terhadap masalah tersebut.
Rumusan masalah dalam sebuah penelitian adalah uraian masalah-masalah pokok yang menjadi pusat perhatian peneliti dalam bentuk kalimat-kalimat pertanyaan yang membutuhkan jawaban, dan jawaban ini akan diperoleh dari hasil penelitian/eksperimen.
Ciri-ciri Masalah Yang Baik
Agar penelitian yang akan dilakukan mempunyai nilai manfaat, ke-urgen-an yang tinggi dan tidak banyak kendala pada saat melakukan penelitian, maka seorang peneliti harus pandai-pandai memilih masalah yang akan diteliti. Ada beberapa ciri masalah yang bisa diperhatikan, baik dilihat dari segi isi maupun dari segi penunjang yang diperlukan dalam pemecahan masalah. Diantara ciri-ciri masalah yang baik untuk penelitian adalah sebagai berikut :
· Mempunyai nilai penelitian
· Mempunyai niliai fisibilitas
· Sesuai dengan kualifikasi peneliti
Pada umumnya penulisan rumusan masalah penelitian mempunyai syarat sebagai berikut:
· Rumusan masalah harus mempertanyakan hubungan antara dua variabel.
· Rumusan masalah harus dinyatakan secara jelas dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. Umumnya dalam bentuk pertanyaan.
Rumusan masalah harus dapat dijawab secara empirik, artinya dapat dijawab melalui data yang dikumpulkan.

2 komentar:

  1. Mau tanya...
    contoh dari perumusan masalah itu seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus