Kamis, 26 Agustus 2010

BAB HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Setelah memahami dan dapat menerapkan metode penelitian untuk karya tulis ilmiah remaja maka bagian yang tak kalah pentingnya dalam penelitian dan penyusunan karya tulis ilmiah remaja adalah penyajian data hasil penelitian dan pembahasan. Untuk itu dalam bab ini akan dijelaskan hal-hal yang terkait dengan penyajian data hasil penelitian dan pembahasan

Bab Hasil penelitian dan Pembahasan biasanya berada pada bab IV dalam karya tulis ilmiah. Dalam bab ini ada dua bagian yaitu hasil penelitian dan pembahasan yang juga sering disebut analisa data.

Hasil Penelitian

Pada bagian hasil penelitian, peneliti menyajikan data-data yang diperoleh selama melakukan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan secara kuantitatif berupa angka-angka hasil pengukuran. Sedangkan data yang diperoleh dari metode kualitatif berupa deskripsi yang terjadi pada saat penelitian berlangsung, pernyataan-pernyataan pendapat, atau apapun yang merupakan respon dari variabel yang menunjukkan kualitas dari objek penelitian. Sedangkan cara menyajikan dapat dalam bentuk tabel atau diagram. Pada bagian ini peneliti tidak diperbolehkan memberikan komentar atau tanggapan, hanya menyampaikan data hasil dari penelitian pada objek yang diteliti atau sampel penelitian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar