Thursday 26 August 2010

4.4 Pembahasan


-->
Bagian pembahasan dalam sebuah karya tulis ilmiah merupakan bagian yang berisi hasil analisa peneliti dari data-data yang telah diperoleh. Peneliti mengemukakan dan menganalisis makna dari penemuan dalam penelitian dan menghubungkan dengan pertanyaan-pertanyaan atau hipotesis. Setiap pernyataan yang dibuat oleh peneliti harus jelas dan didukung oleh teori-teori yang ada dan relefan. Semakin dalam dan kuat pembahasan dari hasil penelitian maka semakin dapat dipercaya hasil-hasil penelitian itu. Kedalaman dalam menganalisa atau membahas data-data hasil penelitian juga menunjukkan tingkat penguasaan peneliti terhadap materi yang diteliti. Tentu ini merupakan penyumbang skor penilaian yang baik dalam sebuah lomba karya ilmiah remaja.
Dalam bab pembahasan ini banyak keterkaitan dengan teori-teori yang telah peneliti tulis dalam bab 2 (Tinjauan Pustaka). Menghubungkan dan menyatukan hasil penelitian atau temuan-temuan penelitian dengan teori-teori terkait yang telah ditulis dalam bab 2 dengan jalan menjelaskan hasil temuan penelitian ke dalam konteks teori-teori yang lebih luas.
Pembahasan data secara eksplisit yang telah dianalisis tersebut mengarah kepada jawaban permasalahan atau pencapaian tujuan penelitian. Tentu saja dalam memberikan penafsiran-penafsiran untuk mengarah kepada permasalahan atau tujuan penelitian harus menggunakan logika dan teori-teori yang telah ada.
Di dalam pembahasan sebaiknya peneliti berani mengungkapkan kelebihan-kelebihan dari hasil penemuannya. Mengungkapkan kelebihan tentu dibandingkan dengan penemuan yang telah ada. Kelebihan bisa ditinjau dari segi kualitas, keluasan dalam pemanfaatan, efektifitas dan efisiensi, ekonomis dan sebagainya. Selain itu peneliti juga harus berani mengungkapkan kekurangan dari penelitiannya maupun penemuannya. Karena dari sekian keunggulannya tentu ada kelemahan-kelemahan spesifik yang muncul akibat dari inovasi yang dilakukan. Misalnya kualitas salah satu komponen yang tidak tahan air, atau sulit diperoleh di daerah pedesaan/perkotaan.
Tujuan dari pembahasan adalah :
1. Untuk memperoleh jawaban dari masalah penelitian, atau memberikan informasi bagaimana tujuan dari penelitian yang dilakukan tercapai.
2. Memberikan penafsiran-penafsiran dari temuan yang diperoleh dalam proses penelitian.
3. Menghubungkan dan menyatukan antara temuan penelitian dengan teori-teori yang telah ada.
4. Memodifikasi teori yang sudah ada atau menyusun teori baru
5. Menjelaskan kesimpulan-kesimpulan lain dan keterbatasan dari temuan-temuan penelitian

No comments:

Post a Comment