LKIS SDA 2011 TEK.LINGKUNGAN ITS FMIPA ITS 2011 LPIR SMP 2011 ITS BIOLOGI IMEC ITS 2011 HI GREAT UB LKIR Ke 43 2011 LIPI NYIA Ke 4 2011 LIPI OPSI 2011 Chemistry Carnival 2011 IPB Agrotek 2011 UM fs2t 2011 Geografi Unesa 2011
Sampul dan Judul Lembar Persetujuan Lembar Pengesahann Kata Pengantar Daftar Isi Abstraksi
Latar Belakang Rumusan Masalah Batasan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Format Bab Pendahuluan ... ? ? ?
Tahap Penyusunan Prinsip Tinjauan Pustaka Sumber Tinjauan Pustaka Contoh Format
Tempat dan Waktu Desain Penelitian Populasi dan Sampel Identifikasi Variabel Langkah Kerja Definisi Operasional Variabel Instrumen Penelitian Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisa Data Format Metode Penelitian
Penyajian data verbal Penyajian data matematis Penyajian data visual Pembahasan Format Hasil penelitian
Kesimpulan Saran Format bab penutup
Perangkat 1 Perangkat 2 Perangkat 3
MARI BERKARYA DEMI MASA DEPAN UMAT MANUSIA

Rabu, 18 Agustus 2010

Abstraksi Karya Ilmiah Remaja

Halaman Abstraksi

Abstrak dalam penulisan karya ilmiah merupakan intisari dari seluruh isi laporan penelitian. Pembaca dengan mudah dan singkat dapat memperoleh informasi tentang isi keseluruhan karya tulis apabila membaca abstrak dari sebuah karya ilmiah.

Pada halaman abstraks, kata abstrak ditulis di tengah halaman dengan huruf kapital. Nama penulis diketik dengan jarak 2 spasi dari kata abstrak, sedangkan judul ditulis dengan huruf kecil (kecuali huruf pertama pada setiap kata) italic atau cetak miring dan diakhiri dengan tanda titik.

Beberapa isi yang harus disajikan dalam abstrak antara lain:

1. Terdapat pengantar sebuah penelitian dengan mengemukakan alasan mengapa penelitian ini yang dilakukan/mengapa judul ini yang diambil sebagai penelitiannya. (bagian ini bisa diambil dari latar belakang penelitian. Cara mengambilnya adalah dengan mencari kalimat yang mewakili latar belakang, atau kalimat yang merupakan bagian utama dari latar belakang. Bias satu atau dua paragraph yang digabung jadi satu)

2. Menuliskan metode penelitian mulai dari desain penelitian, populasi, sampel, sampling, variabelnya apa, metode pengumpulan data, alat ukurnya dan metode analisa data yang digunakan. (bagian ini dapat diambil dari bab metode penelitian, disesuaikan dengan urutan sub bab-nya)

3. Menuliskan hasil utama dari penelitian yang telah dilakukan. (bagian ini dapat diambil dari bab hasil penelitian, namun tidak semua hasil yang harus diungkapkan dalam abstrak tetapi cukup rangkuman yang mendekati kesimpulan)

4. Menuliskan kesimpulan dari hasil penelitian dan analisa data. (bagian ini dapat di copy dari bab penutup yang berupa kesimpulan)

5. Secara umum ditulis satu spasi, satu paragraf, dengan jumlah kata sekitar 200 sampai dengan 250 kata atau maksimal satu halaman.



7 komentar:

  1. mksh ilmu nya,,,
    bener2 membantu bgtt ...
    thanx ...

    BalasHapus
  2. bagaimana dengan analisis data ???

    BalasHapus
  3. analisis data tuk KIR bs berupa pembahasan, silahkan klik menu hasil penelitian di atas

    BalasHapus
  4. makacih banget yah............
    the best

    BalasHapus
  5. @Nurul L, sama2 smoga sukses

    BalasHapus
  6. Makasih telah menjadi pemberi ilmu untuk saya memulai membimbing KIr anak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kunjungannya bu Mia, smoga sukses bimbing siswasiswinya !!!!

      Hapus