Sunday 23 May 2010

Metode NYUSun Karya Ilmiah Remaja


Pembuatan karya ilmiah bagi siswa SLTP dan SLTA terkesan masih berat dan susah untuk dilaksanakan. Tetapi, bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Hal ini bisa kita lihat dari tahun ke tahun jumlah karya ilmiah hasil penelitian para remaja Indonesia semakin meningkat baik jumlah maupun kualitasnya. Ide-ide yang unik dan inovatif bermunculan dari berbagai daerah yang merupakan hasil pemikiran para remaja yang masih duduk di bangku SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Untuk mengawalinya anda dapat merangsang dengan pertanyaan-pertanyaan yang membangkitkan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, apalagi pertanyaan-pertanyaan tersebut berhubungan dengan hobi, minat dan bakat anda sendiri. Oleh karena itu, peran guru pembimbing dirasa sangat diperlukan untuk merangsang dan memancing siswanya untuk mempertanyakan segala hal yang dialami dalam hidupnya sehari-hari. Apabila hobi siswa sudah dipahami dengan baik, maka pertanyaan-pertanyaan untuk merangsang dan memancing siswa didekatkan dengan imajinasi di sekitar hobinya. Sehingga besar kemungkinannya pertanyaan-pertanyaan dan saran-saran dari guru akan mejadi permasalah ppenelitian yang baik dan siswa akan menyambut dengan dorongan yang tinggi untuk menelitinya.

No comments:

Post a Comment