Rabu, 25 Agustus 2010

Langkah Kerja (Cara Kerja)

Kerangka kerja/langkah-langkah kerja merupakan tahap-tahap kegiatan yang dilakukan peneliti dari desain atau rancangan penelitian yang telah dibuat peneliti. Langkah kerja ini bisa berupa bagan yang berisikan tahap-tahap kerja penelitian atau berupa uraian langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian sampai memperoleh data.

Contoh langkah kerja:

Judul Penelitian: Pengaruh frekwensi pemberian pupuk kompos X terhadap pertumbuhan jagung pada umur 10 sampai 45 hari.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi. Dalam penelitian tersebut kami melakukan langkah-langkah kerja sebagai berikut:

1. Membuat tiga petak lahan pertanian dengan panjang dan lebar yang sama yaitu 5 m X 5 m,

2. Menanami masing-masing petak dengan tanaman jagung yang jenisnya sama dengan jumlah yang sama pula.

3. Memberikan pupuk kompos pada petak pertama, kedua dan ketiga dengan frekwensi yang berbeda (sebagai variabel manipulasi) pada setiap tiga tanaman jagung.

4. Melakukan pengukuran terhadap pertumbuhan jagung dengan cara mengukur pertambahan diameter pangkal batang jagung yaitu jarak 2cm dari permukaan tanah (sebagai variabel respon) pada semua batang jagung.

5. Melakukan analisa pada data hasil penelitian untuk mencari ada tidaknya efek atau pengaruh frekwensi pemberian pupuk kompos X terhadap pertumbuhan jagung pada umur 10 sampai 40 hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar