Wednesday 25 August 2010

Definisi Operasional Variabel

Definisi operasional variabel adalah mendifinisikan variabel secara operasional dan berdasarkan karakteristik yang diamati sehingga memudahkan peneliti untuk melakukan observasi atau pengukuran secara cermat terhadap suatu objek penelitian. Secara tidak langsung definisi operasional itu akan menunjukan alat ukur yang tepat untuk mengambil data yang sesuai dengan variabel yang akan diukur. Sehingga pada definisi operasional dapat ditentukan parameter yang dijadikan ukuran dalam penelitian.

Pada saat anda memilih prosedur pengukuran suatu variabel sesungguhnya Anda sedang membuat definisi operasional. Mendefinisikan secara operasional suatu variabel berarti menetapkan bagaimana anda akan mengukur variabel itu. Peneliti yang berbeda dapat menggunakan definisi operasional yang berbeda untuk variabel yang sama.

Sebagai misal, seorang peneliti sedang melakukan pengujian pengaruh vitamin C terhadap “daya tahan seseorang“. Variabel “daya tahan seseorang“ dapat didefinisikan menurut banyak cara yang berbeda, sebagai berikut:

1. Jumlah jam seseorang dapat bertahan tidak tidur

2. Jumlah waktu (bulan atau tahun) seseorang tidak terserang penyakit

3. Jarak yang ditempuh seseorang dengan lari tanpa berhenti

4. Jumlah lompatan di tempat yang dapat dilakukan seseorang sebelum berhenti karena kecapaian

Tiap pernyataan di atas merupakan definisi operasional untuk variabel yang sama yaitu daya tahan seseorang.

Contoh 2: Definisi operasional variabel

Pada karya ilmiah yang berjudul : Pengaruh frekwensi pemberian pupuk kompos X terhadap pertumbuhan jagung pada umur 10 sampai 40 hari.

Definisi operasional variabel dapat seperti di bawah ini :

3.4.2 Definisi operasional variabel

Frekwensi pemberian pupuk adalah jumlah pemberian pupuk pada tanaman objek penelitian/ sampel dalam satuan waktu tertentu (jagung mulai umur 10 hari sampai 40 hari).

Pertumbuhan jagung adalah penambahan tinggi batang jagung yang diukur mulai batang paling bawah di atas permukaan tanah sampai pada ketiak daun paling atas dengan satuan cm.

No comments:

Post a Comment