Sunday 22 August 2010

Tahap Penyusunan Tinjauan Pustaka

Langkah-langkah dalam penyusunan dan penulisan tinjauan pustaka bisa sebagai berikut:


1. Penelusuran Awal

Melakukan pencarian bahan pustaka dengan membaca judul-judul buku, artikel, hasil penelitian yang mempunyai topic sama dengan permasalahan yang akan diangkat sebagai karya ilmiah. Dengan cara melakukan pemeriksaan sepintas terhadap sumber pustaka yang tersedia dan dikaitkan dengan masalah penelitian yang akan diteliti. Dengan penelusuran awal ini, akan diperoleh informasi tentang banyak atau sedikitnya sumber pustaka yang relevan dan mendukung permasalahan penelitian. Dari data ini peneliti bisa menentukan apakah ide atau masalah yang akan diteliti cukup data, cukup literature atau tidak. Jika bahan pustaka yang terkait dengan permasalahan tidak mencukupi maka harus memilih, yaitu penelitian tetap dilanjutkan dengan keterbatasan literature atau apa harus ganti topik permasalahan lain dengan literature yang lebih mencukupi.


2. Penelusuran Sekunder

Penelusuran dilakukan terhadap sumber pustaka secara lebih mendalam dan relevan yang terkait dengan masalah penelitian. Sumber pustaka yang diperoleh diharapkan yang terbaru dan komprehensif baik berupa buku bacaan rujukan maupun laporan riset. Pada langkah ini pemilihan bahan pustaka lebih spesifik mengarah pada permasalahan. Teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan dan pembahasan diinventarisir sesuai kebutuhan dan urutan yang benar. Tidak semua teori atau tulisan dalam bahan pustaka harus diambil karena meskipun dalam satu judul belum tentu kalau semuanya terkait dengan permasalahan atau pembahasan penelitian yang sedang dibuat.


3. Penulisan Hasil Penelusuran

Setelah bahan pustaka diperoleh dan diiventarisir, langkah selanjutnya adalah menyusun dan menulis tinjauan pustaka atau landasan teori. Urutan penulisan hendaknya memperhatikan urutan variable dalam judul atau dalam rumusan masalah. Misalnya judul penelitian “pengaruh pemberian pupuk A terhadap pertumbuhan daun tembakau” maka urutan yang baik dalam menyusun tinjauan pustaka adalah : pupuk (di dalamnya terdapat pupuk A), pertumbuhan, dan tembakau (di dalamnya terdapat daun tembakau).

No comments:

Post a Comment