Sunday 22 August 2010

Sumber Tinjauan Pustaka

Bahan-bahan tinjauan pustaka dapat diambil dari berbagai sumber, seperti buku teks, jurnal penelitian, tesis dan skripsi, buletin, terbitan-terbitan resmi pemerintah dan lembaga-lembaga lain dan internet.

1) Buku Teks

Buku teks merupakan arsip ilmu pengetahuan tentang berbagai segi kehidupan (berbagai ilmu pengetahuan). Buku teks bisa juga diartikan salah satu jenis buku pendidikan yang berisi uraian bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasikan.

Sementara itu Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2004:3) menyebutkan bahwa buku teks atau buku pelajaran adalah sekumpulan tulisan yang dibuat secara sistematis berisi tentang suatu materi pelajaran tertentu, yang disiapkan oleh pengarangnya dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku. Substansi yang ada dalam buku diturunkan dari kompetensi yang harus dikuasai oleh pembacanya (dalam hal ini siswa).

Buku teks masuk dalam katagori buku referensi. Referensi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Balai Pustaka, mengandung makna sumber acuan, rujukan, petunjuk. Yang dimaksud sumber acuan diantaran buku teks (lembaran terjilid).

2) Jurnal Penelitian

Jurnal penelitian adalah majalah ilmiah yang berisi hasil-hasil penelitian dan pertemuan ilmiah (misalnya seminar), yang diterbitkan oleh himpunan profesi ilmiah. Jurnal ini berisi lebih dari satu artikel yang merupakan hasil karya para pakar dan ilmuwan. Misalnya jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

3) Tesis, Skripsi dan Disertasi

Skripsi, Tesis, dan Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S-1, S-2 dan S-3. Dalam penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi sebenarnya sama, bedanya semakin tinggi tingkatannya, maka semakin dibutuhkan banyak data-data otentik dan teori-teori yang harus dirujuk sebagai dasar penelitian, dan juga cara penyajiannya mulai dari hanya mendeskripsikan suatu obyek penelitian sampai dengan menghasilkan suatu teori berdasarkan fakta-fakta empiris.

4) Buletin

Buletin adalah tulisan ilmiah pendek yang terbit secara periodic yang berisi catatan-catatan ilmiah atau petunjuk ilmiah tentang satu kegiatan operasional. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga Balai Pustaka, buletin adalah media cetak berupa selebaran atau majalah berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodic oleh suatu organisasi atau kelompok profesi tertentu.

5) Media Elektronik dan Internet atau on line

Di era globalisasi dengan kemajuan yang sangat pesat dibidang informasi dan teknologi, banyak informasi ilmiah yang tersedia untuk diakses secara elektronis atau on-line. Informasi ilmiah tersebut tersedia dari media seperti: CD, rekaman suara, rekaman video, dan lewat internet.

Mencari informasi ilmiah secara on-line mempunyai beberapa keuntungan, yaitu antara lain: tersedia banyak informasi yang dapat dipilih, informasi elektronik biasanya lebih baru karena prosesnya lebih cepat dari pada literature yang berupa media cetak, dan hasilnya sudah berupa tulisan yang bisa langsung dipakai atau di edit sesuai kebutuhan.

No comments:

Post a Comment