LKIS SDA 2011 TEK.LINGKUNGAN ITS FMIPA ITS 2011 LPIR SMP 2011 ITS BIOLOGI IMEC ITS 2011 HI GREAT UB LKIR Ke 43 2011 LIPI NYIA Ke 4 2011 LIPI OPSI 2011 Chemistry Carnival 2011 IPB Agrotek 2011 UM fs2t 2011 Geografi Unesa 2011
Sampul dan Judul Lembar Persetujuan Lembar Pengesahann Kata Pengantar Daftar Isi Abstraksi
Latar Belakang Rumusan Masalah Batasan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Format Bab Pendahuluan ... ? ? ?
Tahap Penyusunan Prinsip Tinjauan Pustaka Sumber Tinjauan Pustaka Contoh Format
Tempat dan Waktu Desain Penelitian Populasi dan Sampel Identifikasi Variabel Langkah Kerja Definisi Operasional Variabel Instrumen Penelitian Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisa Data Format Metode Penelitian
Penyajian data verbal Penyajian data matematis Penyajian data visual Pembahasan Format Hasil penelitian
Kesimpulan Saran Format bab penutup
Perangkat 1 Perangkat 2 Perangkat 3
MARI BERKARYA DEMI MASA DEPAN UMAT MANUSIA

Jumat, 27 Agustus 2010

BAB KESIMPULAN DAN SARAN

Bab kesimpulan dan saran merupakan bab terakhir dari bagian isi karya tulis ilmiah remaja. Dimana dalam bab ini ada dua sub bab yaitu kesimpulan dan saran. Ada pula yang menuliskan bab terakhir ini dengan istilah bab penutup, namun isinya sama yaitu kesimpulan dan saran.

Kesimpulan

Pada kesimpulan peneliti membuat kesimpulan dari hal-hal yang telah dibahas pada bab sebelumnya yang berhubungan dengan pertanyaan rumusan masalah. Kesimpulan merupakan jawaban dari rumusan masalah dan tujuan penelitian yang dijukan pada bab 1.

Kesimpulan tidak sama dengan rangkuman atau ringkasan yang bertujuan untuk mempercepat pembaca memahami isi buku atau karya tulis, tetapi kesimpulan adalah memperkukuh hasil penelitian yang terfokus pada penyelasaian dan jawaban dari suatu permasalahan yang diteliti.

Contoh 1:

Dari rumusan masalah : Bagaimana pengaruh intensitas cahaya terhadap kecepatan pertumbuhan kecambah ?

5.1 Kesimpulan

Intensitas cahaya mempengaruhi kecepatan pertumbuhan kecambah, semakin kecil intensitas cahaya yang diterima kecambah maka semakin cepat pertumbuhan kecambahnya.

Contoh 2:

Dari rumusan masalah : (Juara I, Bidang Sosial, Lipi 2004.)

1. Adakah siswa yang melakukan aktifitas supranatural untuk meningkatkan nilai ?

2. Ragam supranatural apa yang paling diminati siswa untuk meningkatkan nilai UAN ?

3. Mengapa siswa melakukan aktivitas supranatural untuk meningkatkan nilai ?

5.1 Kesimpulan

1. Ada siswa yang melakukan aktifitas supranatural untuk meningkatkan nilai, yaitu 35% (60 responden)

2. Ragam supranatural apa yang paling diminati siswa untuk meningkatkan nilai UAN adalah barang-barang gaib seperti akik, cincin dan lain-lain, yaitu 20% (60 responden)

3. Siswa melakukan aktivitas supranatural untuk meningkatkan nilai karena didominasi faktor eksternal dan internal. Faktor eksternalnya meliputi: tidak percaya sekolah atau guru dan lebih percaya supranatural dari pada belajar, yaitu 45% (135 responden). Faktor internalnya yaitu merasa tidak mampu, malas belajar dan menambah percaya diri (semangat), 55% (165 responden)

9 komentar:

  1. Yang kayak gini kadang2 sangat dibutuhin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Farizal Tri Anugrah, trims kunjungannya

      Hapus
  2. di atas kan hanya kesimpulan
    kalo sarannya gimana bang?
    trimakasih

    BalasHapus
  3. terima kasih..artikel anda sangat membantu saya,,diatas baru kesimpulan untuk saranya ko belum ada

    BalasHapus
  4. heri> silahkan klik penutup, pilih saran, dah ada kok tp sederhana

    BalasHapus
  5. terimakasih, ini sangat membantu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga bermanfaat n mksh kunjungannya

      Hapus
  6. Balasan
    1. moga bermanfaat n mksh kunjungannya

      Hapus