Wednesday 18 August 2010

A.6. Abstraksi Karya Ilmiah Remaja


Halaman Abstraksi
Abstrak dalam penulisan karya ilmiah merupakan intisari dari seluruh isi laporan penelitian. Pembaca dengan mudah dan singkat dapat memperoleh informasi tentang isi keseluruhan karya tulis apabila membaca abstrak dari sebuah karya ilmiah.
Pada halaman abstraks, kata abstrak ditulis di tengah halaman dengan huruf kapital. Nama penulis diketik dengan jarak 2 spasi dari kata abstrak, sedangkan judul ditulis dengan huruf kecil (kecuali huruf pertama pada setiap kata) italic atau cetak miring dan diakhiri dengan tanda titik.
Beberapa isi yang harus disajikan dalam abstrak antara lain:
1. Terdapat pengantar sebuah penelitian dengan mengemukakan alasan mengapa penelitian ini yang dilakukan/mengapa judul ini yang diambil sebagai penelitiannya. (bagian ini bisa diambil dari latar belakang penelitian. Cara mengambilnya adalah dengan mencari kalimat yang mewakili latar belakang, atau kalimat yang merupakan bagian utama dari latar belakang. Bias satu atau dua paragraph yang digabung jadi satu)
2. Menuliskan metode penelitian mulai dari desain penelitian, populasi, sampel, sampling, variabelnya apa, metode pengumpulan data, alat ukurnya dan metode analisa data yang digunakan. (bagian ini dapat diambil dari bab metode penelitian, disesuaikan dengan urutan sub bab-nya)
3. Menuliskan hasil utama dari penelitian yang telah dilakukan. (bagian ini dapat diambil dari bab hasil penelitian, namun tidak semua hasil yang harus diungkapkan dalam abstrak tetapi cukup rangkuman yang mendekati kesimpulan)
4. Menuliskan kesimpulan dari hasil penelitian dan analisa data. (bagian ini dapat di copy dari bab penutup yang berupa kesimpulan)
5. Secara umum ditulis satu spasi, satu paragraf, dengan jumlah kata sekitar 200 sampai dengan 250 kata atau maksimal satu halaman.


7 comments:

  1. mksh ilmu nya,,,
    bener2 membantu bgtt ...
    thanx ...

    ReplyDelete
  2. bagaimana dengan analisis data ???

    ReplyDelete
  3. analisis data tuk KIR bs berupa pembahasan, silahkan klik menu hasil penelitian di atas

    ReplyDelete
  4. makacih banget yah............
    the best

    ReplyDelete
  5. Makasih telah menjadi pemberi ilmu untuk saya memulai membimbing KIr anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya bu Mia, smoga sukses bimbing siswasiswinya !!!!

      Delete