Friday, 21 May 2010

Manfaat Berkarya Ilmiah

Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) yang dikembangkan di sekolah mempunyai banyak manfaat bagi siswa, guru pembimbing maupun bagi sekolah, antara lain sebagai berikut.
Manfaat Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bagi siswa adalah
Melaaksanakan kewajiban sebagai pemimpin di muka bumi
Membangkitkan rasa ingin tahu terhadap fenomen alam yang terjadi di sekitar dimana ia tinggal;
Meningkatkan daya nalar, daya kreasi dan daya kreatif sehingga selalu ingin mencari sesuatu yang inovatif;
Menambah wawasan dan ketrampilan terhadap iptek;
Meningkatkan minat baca terhadap teori-teori ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa dijadikan sebagai kajian pustaka;
Memperluas wawasan komunikasi melalui pengalaman diskusi, debat dan presentasi ilmiah;
Sebagai wahana untuk menempa kematangan sikap dan kepribadian;
Mengenal sifat-sifat ilmiah, jujur, optimis, terbuka, pemberani, toleransi, kreatif, dan kritis,
Sebagai ajang uji coba prestasi dan prestise;
Membuka kesempatan untuk mendapatkan prioritas melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
Membiasakan untuk membuat karya tulis ilmiah sehingga mempermudah menyusun skripsi jika sudah diperkuliahan.
Menambah banyak sahabat, ketika menjadi finalis dalam sebuah kompetisi lomba karya ilmiah akan bertemu dengan banyak teman dari berbagai daerah.
Manfaat Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bagi guru pembimbing adalah
Wadah untuk memperoleh kebanggaan jika menjadi juara
Menambah wawasan ilmu pengetahuan secara luas;
Menambah keterampilan membimbing kelompok ilmiah remaja;
Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap iptek;
Meningkatkan minat baca terhadap iptek;
Menambah pengetahuan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah;
Mengenal sikap-sikap dan perkembangan pribadi-pribadi siswa lebih mendalam;
Meningkatkan kesejahteraan hidup.
Manfaat Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) bagi sekolah adalah
Memberikan nilai tambah dan nilai unggulan kompetitif bagi sekolah;
Menambah keterampilan pengelolaan dan mengembangkan sekolah;
Memperluas hubungan kerja sama dengan instansi lainnya; meningkatkan situasi dan kondisi sekolah yang kondusif untuk belajar;
Menambah fungsi sekolah lanjutan/menengah sebagai tempat pengembangan riset/penelitian dan mengaplikasikan iptek.

1 comment: