Jumat, 21 Mei 2010

Lomba Karya Ilmiah Remaja

Lomba-lomba yang terkait dengan karya ilmiah remaja ada beberapa macam dengan titik utama penilaian yang tentunya berbeda. Namun dari sekian jenis lomba pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok besar berdasarkan karakteristik dan penilaian lomba. Jenis-jenis lomba itu adalah :
a) Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR)
Karakter dari lomba ini adalah menitik beratkan penilaiannya pada hasil karya atau produk dari proses penelitian. Umumnya kriteria penilaian mencakup manfaat, orsinalitas, inovasi karya dan lain sebagainya
b) Lomba Penelitian Ilmiah Remaja
Dalam lomba penelitian ilmiah remaja focus penilaian lebih terarah pada proses penelitiannya. Bagaimana cara peneliti memperoleh data yang valid? Bagaimana seorang peneliti harus mempertanggungjawabkan langkah-langkah penelitiannya sampai menghasilkan sebuah karya. Sehingga peneliti harus benar-benar menguasai metodologi yang digunakan dalam metode penelitiannya.
c) Lomba Karya Tulis Ilmiah
Lomba karya tulis ilmiah (LKTI), sering diadakan oleh perguruan tinggi, perusahaan swasta, maupun lembaga pemerintahan. Dalam lomba ini bobot penilaiannya diutamakan pada kemampuan peneliti untuk mendeskripsikan hasil karya/penelitian dalam sebuah laporan ilmiah yang berupa makalah. Biasanya sistematika penyususnan makalah ditentukan oleh panitia lomba sebagai pedoman peserta lomba. Jenis lomba karya tulis ilmiah umumnya banyak yang menggunakan metode penelitian studi literer.
d) Lomba Rancang Bangun
Lomba rancang bangun juga mempunyai banyak ragam, tergantung dari lembaga/perguruan tinggi apa yang mengadakan. Misalnya rancang bangun atau desaign produk agroindustri, rancang bangun mekanika, rancang bangun elektronika dan sebagainya. Dalam lomba ini peserta harus bisa menunjukkan hasil rancangannya baik berupa alat atau produk tertentu. Penilaian dititik beratkan pada, Inovasi dan Kreativitas, Desain dan Estetika serta nilai guna.
anda pingin tau lomba tahun ini klik di sini

1 komentar:

  1. Ani Man babat22 Mei 2010 14.55

    katanya da lomba, di mana pak????

    BalasHapus