Sunday 31 January 2016

LKIR LIPI 2016

Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA atau sederajat berusia 12-19 tahun. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka dalam menganalisa permasalahan dalam mencari solusi yang tepat melalui penelitian ilmiah dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini sebelum membuat proposal penelitian.

Kriteria Peserta

  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada tanggal 22 Agustus 2015.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup. Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan. Template Daftar Riwayat dapat fiunduh di halaman download
  5. Karya Ilmiah yang sedang atau pernah diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.
  6. Alur Pelaksanaan


    1. Pendaftaran

    Proses registrasi peserta dilakukan secara online pada website kompetisi.lipi.go.id dari tanggal 2 Januari 2016 s.d tanggal 21 Maret 2016. Panduan Pendaftaran LKIR akan dipaparkan pada website kompetisi.lipi.go.id. Peserta disarankan untuk menggunakan email pribadi dan kontak pribadi (bukan kontak kantor/sekolah) untuk memudahkan komunikasi dengan panitia.

    2. Verifikasi Administrasi

    Proses verifikasi administrasi oleh pihak panitia akan dilakukan pada tanggal 21 Maret 2016 s.d tanggal 28 Maret 2016. Panitia hanya akan melakukan verifikasi terhadap calon peserta yang telah memenuhi syarat dan kriteria serta telah melengkapi seluruh persyaratan dokumen. Verifikasi dilaksanakan secara serentak setelah batas registrasi ditutup.

    3. Seleksi Proposal Terbimbing oleh Dewan Juri

    Dewan Juri akan menyeleksi proposal dan akan menentukan secara langsung mentor yang akan membimbing karya ilmiah peserta yang lolos seleksi. Proposal yang lolos untuk dibimbing akan diumumkan secara online di website kompetisi.lipi.go.id Pada tanggal 11 April 2016.

    4. Pembimbingan (Mentoring) karya ilmiah

    Proses pembimbingan proposal dilakukan mulai tanggal 18 April 2016 s.d tanggal 1 Agustus 2016. Ketentuan Mentoring dapat diunduh pada halaman download

    5. Pengumuman Finalis

    Karya ilmiah peserta yang telah selesai dibimbing akan diseleksi kembali oleh Dewan Juri untuk dipilih sebagai finalis LKIR ke-48 Tahun 2016. Pengumuman Finalis akan dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2016 melalui website Kompetisi LIPI, telepon dan surat resmi.

    6. Pameran dan Presentasi Finalis

    Finalis yang terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan karya ilmiahnya secara keseluruhan di hadapan Dewan Juri dan melakukan pameran di hadapan pengunjung. Pameran dan presentasi finalis akan diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2016 s.d tanggal 26 Agustus 2016.


    Mentoring

    Mentor adalah seseorang yang ditunjuk oleh Dewan Juri LKIR untuk memberikan bimbingan kepada peserta LKIR yang proposalnya lolos untuk dibimbing. Pemilihan mentor adalah mutlak menjadi hak Dewan Juri dengan mempertimbangkan kepakaran mentor tersebut.

    Mekanisme Mentoring

    1. Panitia menginformasikan Nama Mentor Peserta Terbimbing bersamaan dengan pengumuman proposal terbimbing
    2. Panitia selanjutnya akan meneruskan proposal Peserta Terbimbing kepada Mentor masing – masing
    3. Panitia menginformasikan kontak Mentor kepada peserta
    4. Selanjutnya Peserta dipersilahkan melakukan komunikasi dengan mentor yang bersangkutan terkait penelitian yang akan dilakukan
    5. Peserta diperkenankan melakukan modifikasi judul, objek penelitian dan hal teknis lain atas rekomendasi Mentor
    6. Peserta wajib mengisi Logbook Penelitian

    Output Mentoring

    Laporan Penelitian Hasil dari mentoring berupa Laporan penelitian yang dikumpulkan sebelum pengumuman Finalis untuk selanjutnya dipresentasikan dihadapan Dewan Juri pada saat Final Kompetisi Ilmiah LIPI (bagi peserta yang lolos sebagai Finalis). Format Laporan akan disampaikan pada saat mentoring berlangsung Logbook Penelitian (template logbook dapat diunduh di halaman download)Peserta juga akan mengumpulkan copy Logbook Penelitian pada saat presentasi final. Logbook menjadi salah satu dasar Dewan Juri menilai Penelitian yang telah dilaksanakan Poster Pada saat Hasil Penetian sudah tercapai, maka peserta mulai mempersiapkan desain poster penelitian dengan bantuan dari Mentor sebagai Advisor.
Info :http://kompetisi.lipi.go.id/lkir48/

No comments:

Post a Comment