Sunday 31 January 2016

NYIA LIPI 2016

National Young Inventors Award (NYIA) adalah kompetisi ilmiah bagi remaja dalam melakukan inovasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi. Lomba tingkat nasional ini merupakan ajang untuk menjaring inventor remaja ke kompetisi tingkat regional maupun internasional.


Kriteria Peserta

Adapun Kriteria Peserta NYIA adalah sebagai berikut
  1. Usia 8-18 tahun dan/atau setingkat SD, SMP, dan SMA.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Uraian desain alat peraga dikirimkan secara elektronik melalui situs NYIA di www.kompetisi.lipi.go.id.
  4. Uraian desain alat peraga harus mengikuti template berisi latar belakang pemikiran pembuatan desain dilengkapi foto dengan konsep tertulis dan informasi spesifikasi teknis tentang bahan yang dipakai, ukuran, cara pemakaian, dan fungsi alat  (template dapat diunduh di Halaman Download)
  5. Uraian desain alat peraga diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 11 Juli 2016
  6. Karya belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang sejenis tingkat nasional lainnya. Panitia akan melakukan diskualifikasi jika terbukti karya telah dilombakan pada kompetisi sejenis tingkat nasional lainnya.
  7. Melampirkan riwayat hidup diketahui orang tua (template dapat diunduh di Halaman Download)
  8. Finalis akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti pameran pada tanggal 22 – 26 Agustus 2016.
  9. Bagi finalis kelompok, panitia menanggung akomodasi dan transportasi Peneliti Utama (berada di urutan pertama).
  10. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs LIPI di bagian pengumuman pada tanggal 12 Agustus 2016
  11. Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media.
  12. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  13. Panitia akan membatalkan status keikutsertaan peserta jika terbukti melanggar kriteria di atas.


Alur Pelaksanaan

Pendaftaran Peserta mendaftar secara online melalui situs : http://kompetisi.lipi.go.id/. Dalam pendaftaran tersebut yang perlu disiapkan oleh peserta adalah data peserta, daftar riwayat hidup dan uraian desain alat peraga (Template daftar riwayat hidup dan uraian alat peraga terlampir dalam buku panduan ini dapat juga diunduh pada situs kompetisi.lipi.go.id). Kontak dan email peserta yang dicantumkan adalah milik pribadi dan bukan kontak sekolah/instansi. Tahap Seleksi: Verifikasi Administrasi Tahap pertama setelah pendaftaran ditutup adalah verifikasi yang dilakukan panitia atas entry data yang dilakukan pendaftar. Dalam hal ini panitia memastikan bahwa semua persyaran telah dilengkapi oleh pendaftar dengan benar. Tahap Seleksi: Penjurian Urian Desain PeragaTahap selanjutnya adalah penjurian uraian desain peraga oleh dewan juri. Setelah penjurian dilaksanakan, akan diambil 30 karya terbaik yang berhak melakukan pameran pada Final Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2016. Rangkaian acara final ini akan diselenggarakan di Auditorium LIPI Jakarta, Jalan Gatot Subroto No 10 Jakarta Selatan. Tahap Final: Pameran dan On-site Presentation Pada tahap final, panitia menyediakan booth untuk digunakan sebagai ajang pameran bagi tiap Finalis. Dewan Juri akan berkeliling dan melakukan penilaian secara langsung atas alat yang dilombakan. Peserta juga wajib melayani setiap pengunjung yang bertanya seputar alat temuan finalis. Pada Final ini panitia menanggung akomodasi untuk 1 orang dari masing – masing tim finalis.


Kriteria Invensi

Adapun kriteria karya invensi dalam NYIA adalah sebagai berikut:
  1. Invensi bukan merupakan karya seni murni seperti puisi, lagu, lukisan, patung
  2. Invensi tidak melibatkan makhluk hidup dalam eksperimennya.
  3. Invensi tidak membahayakan lingkungan sekitar, tidak meledak, tidak menimbulkan karat, racun dan tidak melibatkan material – material yang tergolong material terlarang di dalamnya.

info: http://kompetisi.lipi.go.id/nyia9/

No comments:

Post a Comment