Wednesday 19 January 2011

JUARA DUA NASIONAL

MAN LAMONGAN JUARA 2 TINGKAT NASIONAL

dalam

LOMBA KREATIVITAS DAUR ULANG (LKDU) SMA/SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL

CHEMISTRY CARNIVAL 2010

Dengan tema ” Menuju Generasi Muda Indonesia yang Kreatif, Mandiri dan Berpikir Ilmiah

Lomba Kreativitas Daur Ulang adalah rangkaian dari acara Dalam rangka kegiatan Dies Natalis Universitas Brawijaya ke 47. Dari ratusan peserta diambil 30 finalisr untuk mengikuti babak final di kampus UB yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2010. Seluruh finalis diberi kesempatan untuk memamerkan produk hasil daur ulang kurang lebih 2 jam untuk dinilai dewan juri yang terdiri dari tiga Dosen.

Judul karya yang menjadi juara 2 dalam CHEMISTRY CARNIVAL 2010 dari MAN LAMONGAN adalah: " Daur ulang kertas bekas dan limbah cangkang keong mas (gondang) sebagai bahan dasar pembuatan plafon " dengan tim peneliti : ENY EKA ZAHIDATUR ROHMAH dan IDDAH ROHMANA, Karya ini diilhami dari pengalaman anak-anak yang melihat sampah kertas dan cangkang keong yang melimpah. Setelah mengadakan studi literature ternyata kertas dan cangkang keong mengandung berbagai campuran kimia yang membuat struktur menjadi lebih kuat. Dari sinilah anak-anak mencoba untuk mencampur kertas bekas dan cangkang keong yang telah dihaluskan dengan bahan pembuatan plafon.

Menurut Bpk Drs.H. M. SYAMSURI M.Pd. kepala MAN Lamongan ” sebenarnya anak-anak sudah lama dipersiapkan oleh bpk Novin dan Edi Purwanto, Pembina ekstra karya ilmiah remaja MAN Lamongan, untuk mengikuti lomba Karya ilmiah remaja ditingkat nasional. Dan Alhamdulillah ternyata potensi anak-anak bisa dimunculkan terbukti dengan diperolehnya juara 2 tingkat nasional. Hal ini tentu membanggakan sekolah terutama adanya penghargaan bahwa para juara akan diterima di Universitas Brawijaya Malang tanpa tes”.

SINOPSIS KARYA ILMIAH KLIK DISINI

1. Pendahuluan

2. Isi

1 comment: