Saturday 1 December 2018

ORGANISASI KEHIDUPAN

Struktur  organisasi  kehidupan  dimulai  dari  unit  kehidupan  kecil  yang  disebut  sel.  Sel-sel  yang  sama  struktur  dan  fungsinya  bergabung membentuk jaringan. Beberapa jenis jaringan membentuk struktur yang disebut organ. Beberapa organ yang saling berkaitan membentuk sistem organ, dan selanjutnya beberapa sistem organ itu menyusun terbentuknya organisme (Anni Winarsih. 2008:273).




Semua makhluk hidup tubuhnya tersusun atas kumpulan sel-sel. Selmerupakan unit terkecil dari makhluk hidup. Semua kegiatan hidup dari makhluk hidup adalah perwujudan dari proses yang terjadi di dalam sel. Pada organisme uniseluler sebuah sel merupakan satu individu. Jadi segala aktivitasnya dilakukan dengan satu sel itu, misalnya respirasi, mencerna makanan, dan berkembang biak. Pada organisme multiseluler, sel-sel saling bekerja sama membentuk jaringan. Jadi jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai bentuk yang sama dan mempunyai fungsi yang sama, misalnya jaringan epidermis merupakan lapisan sel-sel yang terletak paling luar (Wasis. 2008:204).

Jaringan merupakan organisasi sel, namun suatu jaringan saja tidak dapat melakukan fungsi yang lebih besar tanpa bekerjasama dengan jaringan lain. Oleh karena itu jaringan-jaringan saling bekerjasama membentuk organ. Misalnya organ daun tersusun atas jaringan parenkim palisade, parenkim spons, jaringan pengangkut, dan jaringan epidermis. Beberapa organ kemudian bersatu membentuk sistem organ. Sebagai contoh sistem pernapasan tersusun atas laring, trakea, bronkus, dan paru-paru. Tubuh organisme tersusun atas beberapa system organ. Coba kamu sebutkan berbagai sistem organ yang menyusun tubuh manusia. Urutan organisasi dari sel membentuk jaringan, jaringan membentuk organ, organ membentuk sistemorgan inilah yang disebut organisasi kehidupan (Wasis. 2008:204).


Arsip: Edi Purwanto
Daftar pustaka:

Anni Winarsih. 2008. IPA TERPADU untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasiona.

Wasis. 2008 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SMP dan MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasiona


No comments:

Post a Comment