Saturday, 2 October 2010

PAPER COMPETITION (PACOM) FK UNAIR


Medical Science and Application Paper Competition (PACOM) adalah lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya. Lomba yang bersifat invitasi dan terbuka bagi seluruh pelajar SMA/sederajat dari semua kelas (X, XI, dan XII) baik negeri maupun swasta yang ada di daerah Jawa, Bali, dan NTB ini merupakan salah satu ajang yang dinaungi oleh Medspin. Tema yang dipilih tahun ini adalah “Medical Update of Infectious Disease for Better Indonesia”.

Kepesertaan

  • Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA Negeri/Swasta atau sekolah menengah lain yang sederajat dari kelas I,II,III di wilayah Jawa, Bali, dan NTB.
  • Peserta lomba adalah regu yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Dalam hal ini harus mewakili sekolah yang sama dengan ketentuan setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 tim.
  • Peserta yang telah didaftarkan dalam satu tim tidak dapat digantikan. Apabila salah satu peserta berhalangan dan hendak diganti dengan peserat baru maka tim tersebut dianggap gugur dan dipersilahkan mendaftar kembali sebagai tim baru
Dari babak final akan dipilih 3 tim terbaik dengan hadiah:

Juara I:
Uang Senilai Rp 2.000.000,00
Trophy Bergilir Gubernur Jawa Timur + Trophy Tetap
Juara II:
Uang Senilai Rp 1.000.000,00
Trophy Bergilir Rektor UNAIR + Trophy Tetap
Juara III:
Uang Senilai Rp 750.000,00
Trophy Bergilir Dekan UNAIR + Trophy Tetap

Pendaftaran Pacom

Syarat Pendaftaran
  • Mengisi Form pendaftaran yang dapat di download di website: www.medspin2010.com
  • Menyerahkan karya tulis rangkap 4 dan softcopynya dikirim lewat email FORISMA: forismafkunair@yahoo.com dengan menuliskan Pacom 2010”. Selain softcopy, dalam email harus dituliskan asal SMA, nomor telepon SMA, dan biodata pemimpin grup
  • Karya dilengkapi dengan form pendaftaran, pas foto masing-masing 3 (tiga) lembar ukuran 3x4 dengan diberi identitas di balik foto, fotokopi kartu pelajar masing-masing 1 (satu) lembar , dan disertai surat pengantar dari SMA.
  • Melunasi biaya pendaftaran Rp. 75.000,00/ tim
  • Pendaftaran dimulai tanggal 20 September 2010 – 29 Oktober 2010.
Pendaftaran Secara Langsung Menyerahkan karya tulis dan kelengkapannya ke Sekretariat Medspin 2010 Paper Competition yang bertempat di Student Center Lt. 1 H 110 GRAHA BIK IPTEKDOK Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Jalan Mayjen. Prof. DR. Moestopo 47 Surabaya.
Pendaftaran Secara Tak Langsung

Dengan Ketentuan :

  1. Mengirimkan karya tulis beserta kelengkapannya selambat-lambatnya diterima panitia tanggal 29 Oktober 2010 pukul 17.00 WIB ke:

    • Panitia Paper Competion for Senior High School 2010.
      Student Center Lt 1 H 110 GRAHA BIK IPTEK-DOK
      Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga
      Jl. Prof. Dr. Moestopo 47 Surabaya, Kode Pos 60131
      Telp. 031-50202251, 5020252, 50202253
      Fax. 031-5022472
      Email : forismafkunair@yahoo.co.id
      Contact person : Nabilah (08563069088)

  2. Mengirimkan biaya pendaftaran sebesar Rp75.000/tim ke:

    • Bank : Mandiri Cabang UNAIR Surabaya
      No. Rekening : 141-00-0978288-9
      Atas nama : Rahmat Hariyanto
      Fotokopi bukti pembayaran harap disertakan dalam berkas kelengkapan karya tulis.
Bagi peserta yang lolos seleksi ke tahap presentasi, harap membawa bukti pendaftaran (bagi yang mendaftarkan diri secara langsung) / bukti pembayaran asli (bagi yang tidak mendaftarkan secara langsung) pada saat pendaftaran ulang.

Pelaksanaan Lomba



Lomba terdiri dari 2 tahap:

  1. Tahap seleksi:
    Tahap ini berlangsung sejak batas terakhir dikumpulkannya karya tulis pada tanggal 29 Oktober 2010 hingga diumumkannya 10 tim finalis pada tanggal 10 November 2010
  2. Tahap presentasi (final):
    Hari/Tanggal:. Sabtu, 27 November 2010
    Waktu: 07.30- selesai
    Tempat: Ruang Sidang A Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga
    Peserta: 10 tim yang lolos pada tahap seleksi
    Daftar ulang untuk tahap presentasi (final) dilakukan 30 menit sebelum tahap presentasi dimulai.

Kriteria dan Aturan Penulisan Karya Tulis

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sbb :

  1. Obyektif;
  2. Logis dan sistematis;
  3. Tulisan berdasarkan telaah pustaka, tetapi bukan hasil penelitian eksperimental;
  4. Materi karya ilmiah studi pustaka sebaiknya disesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.
  5. Tema : Medical Update of Infectious Disease for Better Indonesia
  6. Subtema :
    • Medical Update of Tuberculosis
    • Medical Update of Dengue Fever
    • Medical Update of Malaria
    • Medical Update of HIV/AIDS
Setiap karya siswa diharapkan mendapat bimbingan dari seorang guru secara intensif.


Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur minimal sbb :

Bagian awal

  1. Halaman Judul
  2. Lembar pengesahan
  3. Lembar pengesahan harus ditandatangani oleh Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah lengkap dengan stempel sekolah.
  4. Abstraksi
  5. Kata pengantar dari penulis
  6. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, tabel dan lampiran.
Bagian inti
  1. Bab Pendahuluan
    Bagian pedahuluan berisi hal-hal sbb:
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Tujuan Penulisan
    • Manfaat Penulisan
  2. Bab Telaah Pustaka
  3. Kerangka Konseptual/Kerangka Teori/Kerangka Berpikir
  4. Bab Pembahasan
  5. Bab Penutup
    Bagian ini berisi kesimpulan dan saran.
Bagian akhir
  1. Daftar Pustaka ditulis dengan sistem Havard
  2. Daftar Riwayat Hidup, judul karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
  3. Lampiran (jika diperlukan).

Aturan Penulisan Karya Tulis

  • Ukuran Kertas : A4
  • Batas Kertas : atas= 4 cm, kiri=3 cm, kanan=3 cm, bawah=3 cm
  • Jarak baris : 1,5 spasi
  • Huruf : Times New Roman 12
  • Penomoran Halaman di pojok kanan atas
  • Karya maksimal 25 halaman ditulis dalam bahasa Indonesia

Kriteria dan Penyelesaian

  1. Kriteria Penilaian Karya Tulis
    • Format Makalah
    • Krieatifitas gagasan
    • Topik yang dikemukakan
    • Data dan Sumber informasi
    • Pembahasan, simpulan, dan transfer gagasan
  2. Kriteria Penilaian Presentasi
    • Penyajian: sistematika, isi, alat bantu, bahasa, sikap, dan ketepatan waktu
    • Tanya jawab

Pengumuman

Segala pengumuman baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan akan diumumkan ke email peserta masing-masing dan akan diposting di website resmi medspin 2010.

Pengumuman hasil lomba akan diumumkan setelah pelaksanaan lomba pada hari itu juga.
Pengumuman Babak Penyisihan: 21 November 2010 14.30-14.45
Pengumuman dan Technical Meeting Babak Final: 27 November 2010 15.00-15.30
Pengumuman pemenang dan Penutupan: 28 November 2010 14.30-15.00


No comments:

Post a Comment