LKIS SDA 2011 TEK.LINGKUNGAN ITS FMIPA ITS 2011 LPIR SMP 2011 ITS BIOLOGI IMEC ITS 2011 HI GREAT UB LKIR Ke 43 2011 LIPI NYIA Ke 4 2011 LIPI OPSI 2011 Chemistry Carnival 2011 IPB Agrotek 2011 UM fs2t 2011 Geografi Unesa 2011
Sampul dan Judul Lembar Persetujuan Lembar Pengesahann Kata Pengantar Daftar Isi Abstraksi
Latar Belakang Rumusan Masalah Batasan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Format Bab Pendahuluan ... ? ? ?
Tahap Penyusunan Prinsip Tinjauan Pustaka Sumber Tinjauan Pustaka Contoh Format
Tempat dan Waktu Desain Penelitian Populasi dan Sampel Identifikasi Variabel Langkah Kerja Definisi Operasional Variabel Instrumen Penelitian Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisa Data Format Metode Penelitian
Penyajian data verbal Penyajian data matematis Penyajian data visual Pembahasan Format Hasil penelitian
Kesimpulan Saran Format bab penutup
Perangkat 1 Perangkat 2 Perangkat 3
MARI BERKARYA DEMI MASA DEPAN UMAT MANUSIA

Fotosintesis

Fotosintesis 

Fotosintesis hanya berlangsung pada sel yang memiliki pigmen fotosintetik. Di dalam daun terdapat jaringan pagar dan jaringan bunga karang, pada keduanya mengandung kloroplast yang mengandung klorofil / pigmen hijau yang merupakan salah satu pigmen fotosintetik yang mampu menyerap energi cahaya matahari.
Bahan sederhana yang digunakan oleh tumbuhan untuk fotosintesis adalah karbondioksida (CO2) dan air (H2O). Tumbuhan umumnya mendapatkan CO2 dari udara dan air dari dalam tanah. Reaksi fotosintesis sebagai berikut:
6 Co2           +    6 H2O ----------------> C6 H12 O6  + 6O2
(Karbondioksida        +      air     ----------------> Karbohidrat + oksigen )
Dalam melakukan proses fotosintesis tumbuhan hijau membutuhkan beberapa komponen,  diantaranya :
a.     klorofil (zat hijau daun ), yang umumnya terdapat di daun, yaitu pada jaringan palisade dan bunga karang. Klorofil adalah organ dalam sel tumbuhan yang  berfungsi untuk mengabsobsi/menyerap energi sinar matahari dan tempat berlangsungnya reaksi fotosintesis.
b.     CO2 (karbondioksida ) yang diambil dari udara oleh daun dan masuk kedalam daun lewat stomata secara difusi.
c.     Air (H20) yang diambil oleh akar tanaman dari dalam tanah.
d.     Sinar matahari, merupakan sumber energi.
Sedangkan unsur atau zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis diantaranya : Zat makanan (gluosa/amilum/tepung) dan oksigen. Untuk zat makanan yang dihasilkan proses fotosintesis  biasa disimpan oleh tumbuhan dalam tubuh berupa cadangan makanan sedangkan untuk oksigen akan dibebaskan oleh tumbuhan ke udara.

1.      Tahap-tahap fotosintesis
Secara garis besarnya, tahapan proses fotosintesis dibagi menjadi dua tahap yaitu :
1) Tahap pertama atau Reaksi terang
Disebut reaksi terang sebab dalam tahapan proses fotosintesis ini multak membutuhkan cahaya. Dalam reaksi ini cahaya dibutuhkan untuk proses Fotolisis (pemecahan air) dan reaksi kimia  lainya seperti pembentukan ATP dan pembebasan oksigen ke udara. Semua proses reaksi terang terjadi di dalam kloroplas tepatnya di bagian yang disebut Tilakoid.
2) Tahap kedua atau reaksi gelap.
Disebut reaksi gelap sebab dalam tahapan ini tidak dibutuhkan cahaya. Reaksi gelap terjadi di dalam kloroplas tepatnya di bagian yang disebut Stroma. Pada tahap ini terjadi pengikatan CO2  oleh senyawa RDP (Ribulosa Diphosphat) untuk membentuk APG (Asam Phosphat gliserat). Selanjunya hasil reaisi gelap akan bereaksi dengan hasil dari reaksi terang untuk membentuk glukosa yang selanjutnya akan menjadi tepung (amilum).

2.      Hasil Akhir Fotosintesis
Hasil akhir fotosintesis adalah: gula sederhana yang terdiri dari tiga atom karbon (C.3). Senyawa ini sangat mudah bereaksi, sehingga sebelum diangkut perlu diubah terlebih dahulu menjadi gula lain, misalnya glukosa
Hasil lain dari proses fotosintesis ialah: berupa O2 . O2 dilepas kelingkungan melalui stomata. Oksigen yang dilepas akan dimanfaatkan oleh organisme lain untuk proses pernafasan.